Selasa, 16 Agustus 2011

Pak Tani Dan Sang Kerbau

  Alkisah seorang petani dapat berbicara dengan kerbau pembantu setianya bekerja membajak sawah. Suatu ketika menjelang siang, pak tani berkata kepada kerbau, "Hai kerbau, percepatlah jalanmu, hari ini matahari sangat terik."
  Maka kerbau pun mempercepat jalannya. Dari kejauhan terdengar suara adzan berkumandang. Mendengar suara itu kerbau bertanya, "Suara apa itu?"
 Jawab petani, "Itu suara Azan. jangan banyak bicara, cepat bekerja."
Muadzin sampai kepada kalimat "Hayya 'alash shalah", maka kerbau bertanya lagi, "Petani, apa artinya perkataan yang itu?"
Jawa petani. " Kalimat itu mengajak orang beriman untuk shalat ke masjid"
Lalu kerbau diam dan menoleh kepada petani, seraya bertanya, "Mengapa engkau tidak ke masjid?"
Jawab Petani, "Tanggung pekerjaan ini tinggal 2 putaran lagi."
Maka kerbau berhenti sambil berkata kepada petani, "Kalau begitu engkau sama dengan saya tidak kemesjid (Tidak shalat kemesjid)....hayo siapa yang mau seperti pak tani tersebut?????
Berkenaan dengan tamsil diatas, Allah Swt . Berfirman dalam Al Qur'an;


وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيراً مِّنَ الْجِنِّ وَالإِنسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لاَّ يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لاَّ يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لاَّ يَسْمَعُونَ بِهَا أُوْلَـئِكَ كَالأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُوْلَـئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

Dan sesungguhnya kami jadikan untuk isi neraka jahanan kebanyakan dari golongan jin dan manusia,mereka mempunyai hati tetapi tidak dipergunakan untuk memahami(ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakan untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah) . Mereka itu sebagai hewan ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah yang lalai. (Qs.Al A'raf : 179)

0 komentar:

Posting Komentar